twitter


Kebangkitan Nasional dan Guratan Mahasiswa Kedokteran

Berbicara tentang hari kebangkitan nasional tentu saja mengingatkan kita pada romantisme sejarah pergerakan mahasiswa dan perjalanan sejarah bangsanya. Dinamis. Bergerak aktif. Tak bisa dipungkiri, bahwa penggores peradaban Indonesia adalah mahasiswa.masih fresh dalam ingatan kita akan tantangan masa lalu yang dialami bangsa Indonesia sebelum meraih kemerdekaan. Penjajahan,penindasan,keterpurukan,dan segala tantangan lainnya. Dan kemudian tantangan itu mulai terjawab oleh sinar kebangkitan dalam gerakan mahasiswa yang terangkum pada berbagai peristiwa, kebangkitan pemuda, sumpah pemuda,pendirian partai di Indonesia,penggabungan diri dalam PETA,peristiwa rengasdengklok,peristiwa malari,peristiwa reformasi 1998 dan masih banyak lagi. Dan sadarkah kawan, peristiwa itu terangkum dalam sebuah kata bernama sejarah yang di dalamnya terdapat keterlibatan mahasiswa kedokteran sebagai icon sejarah itu..lupakah kita pada Soetomo dkk yang menginisiasi energi kebangkitan dalam menjawab tantangan bangsa. bahkan keajaiban sejarah pun berbicara, bahwa di saat pemuda lain terlambat bergerak, MAHASISWA KEDOKTERAN lah yang memancarkan energi kebangkitan itu!!

Kebangkitan nasional bukan berarti kita terpana pada guratan peradaban yang telah dilukiskan pemuda. Bukan juga dengan decak kagum pada peran mahasiswa kedokteran zaman dahulu yang istimewa. Lebih dari itu semua,kawan! Yang perlu kita tangkap dari moment ini adalah energi kebangkitan yang diwariskan pemuda zaman dahulu,semangat kebangkitan yang dilukiskan mahasiswa kedokteran. Kita,MAHASISWA adalah PELUKIS PERADABAN!!!

Menjadi mahasiswa kedokteran tidak cukup dengan belajar yang baik,mengerjakan LI yang benar,atau menjadi mahasiswa berIP 4. Apakah para pejuang dahulu adalah orang-orang yang cerdas?ya,tentu saja. tapi cerdasnya mereka bukan diam secara intelektual. Implementasi dari kecerdasan dan pengorbanan mereka akan waktu, harta benda,tenaga,pikiran,bahkan kepentingan pribadi untuk membayar kemerdekaan Indonesia. Kawan, memang tak bisa dipungkiri beban akademik kita berat,waktu kita tersita untuk belajar. Tapi,bukan berarti kita hanya diam. Indonesia,negeri dimana tanahnya kita pijaki dan udaranya kita hirup setiap hari membutuhkan peran kita,kawan!PERAN MAHASISWA KEDOKTERAN.

Peran mahasiswa bukan sebatas aksi demonstrasi tanpa dasar terhadap kebijakan publik yang sering kita lihat saat ini. TIDAK!karena kita mahasiswa kedokteran adalah pemuda intelektual. Peran kita adalah bangkit sebagai pemuda seutuhnya, merasuki peran terdalam mahasiswa kedokteran pada negeri ini, AGENT OF HEALTH!kita adalah orang-orang yang akan menentukan nasib kesehatan masyarakat Indonesia di masa depan. Menjadi pengabdi rakyat masa depan. Bangkitlah menjadi sosok yang memiliki kepekaan dan kepedulian. Tuangkan gagasan dalam perubahan,karena kita adalah AGENT OF CHANGE. Terus menjadi manusia pembelajar seutuhnya dan menjadi insiator perubahan masyarakatnya,karena kita juga AGENT OF DEVELOPMENT. Pekalah pada isu dan program kesehatan yang diusung pemerintah karena kita adalah CONTROLLER. Kalau bukan kita,siapa lagi,kawan?implementasikanlah ilmu yang kita dapat untuk kebermanfaatan rakyat secara luas. Tapi, jangan juga mengotakkan diri pada sebuah kata ‘mahasiswa kedokteran’karena kita juga adalah PEMUDA INDONESIA yang diberi ruang seluas-luasnya untuk kemajuan bangsa ini. Memang,semua tak mudah,kawan!semua butuh proses. Dan proses itu dimulai dari niat dan semangat kita,mari kita pupuk semangat kebangkitan dalam diri kita. Bukan pada moment kebangkitan nasional saja, tapi mulai saat ini,sekarang juga,detik ini juga. Karena negeri kita, Indonesia telah lelah menunggu…

0 komentar:

Posting Komentar