twitter


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Sebagaimana diprediksikan banyak kalangan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menetapkan Agus Martowardojo sebagai Menteri Keuangan. Ia menggantikan Sri Mulyani Indrawadi yang mengajukan pengunduran diri tanggal 5 Mei lalu.

Sebagai nakhoda Kementrian Keuangan, Direktur Utama Bank Mandiri ini tak sendirian.Ia akan didampingi Anny Ratnawati, sebagai wakil menteri keuangan. Any sebelumnya menjabat sebagai Direktur Jenderal Anggaran Kementrian Keuangan. Duet ini akan dilantik Kamis sore di Istana Negara

Pengumuman Agus sebagai Menteri Keuangan yang baru disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhyono, didampingi Wakil Presiden Budiono di kediaman pribadi Presiden, Cikeas Bogor, Rabu malam. Menjelang pengumuman muncul sejumlah nama yang masuk dalam bursa menteri keuangan, antara lain Darmin Nasution, Anggito Abimanyu, Armida Alisjahbana, Ani Ratnawati, Agus Martowardojo

Agus sebelumnya sempat dicalonkan sebagai calon Gubernur Bank Indonesia bersama dengan Raden Pardede. Usul pencalonan Agus dan Raden Pardede disampaikan Presiden melalui surat kepada pimpinan DPR RI 15 Februari 2008. Namun usulan presiden ditolak oleh DPR. Hingga saat ini Bank Indonesia belum memiliki pengganti Burhanuddin Abdullah yang mengakhiri jabatan 17 Mei 2008.

Penunjukan menteri keuangan baru dilakukan menyusul mundurnya Sri Mulyani Indrawati dari posisi Menkeu tanggal 5 Mei 2010. Sri mundur karena menerima tawaran dari Bank Dunia sebagai Managing Director mulai 1 Juni 2010. Ia akan menggantikan Juan Jose Daboub. Daboub, mantan Menteri Keuangan El Salvador, yang akan berakhir jabatannya pada 30 Juni 2010.


source : http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/nasional/10/05/19/116321-duet-agusanny-pimpin-kemenku

0 komentar:

Posting Komentar