twitter


MDG-Millenium Development Goal

Masih mengerutkan kening mendengar kata”MDG?atau bahkan belum pernah mendengar isu MDG sama sekali?hati-hatilah kawan!jangan sampai kesibukan membuat LI,case review atau semacamnya membuat kita lupa akan sisi lain tanggung jawab kita sebagai mahasiswa kedokteran yang perannya sangat diperlukan dalam kemajuan kesehatan Indonesia..

Oke,back to the topic..sebelum melangkah masuk lebih dalam pada MDG,
coba RENUNGKAN..apa kebutuhan primer manusia yang tak dapat dielakkan untuk dipenuhi??

SANDANG dan PANGAN yang berkecukupan,KESEHATAN,PENDIDIKAN!!!

Yup,itulah yang mendasari perkumpulan para pemimpin dunia pada 6-8 September 2000 di New York untuk mengumumkan “DEKLARASI MILENIUM” (UN Millenium Summit)sebagai tekad untuk menciptakan lingkungan kondusif bagi pembangunan dan pengentasan kemiskinan. Pertemuan ini diikuti oleh 189 negara termasuk Indonesia.

Lalu,sebenarnya MDG itu apa???
MDGs merupakan delapan tujuan yang spesifik dan quantitative, serta pencapaiannya secara global musti dilakukan pada 2015. Delapan tujuan itu dirumuskan pada pertemuan tadi, dalam target spesifik dan terukut. Delapan tujuan itu antara lain :
1. Memberantas kemiskinan dan kelaparan ekstrem
2. Mewujudkan pendidikan dasar untuk semua
3. Mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan
4. Menurunkan angka kematian anak
5. Meningkatkan kesehatan ibu
6. Memerangi HIV,Aids,Malaria serta penyakit lainnya
7. Memastikan kelestarian lingkungan
8. Promote global partenership for development


Lalu bagaimana pelaksanaannya di Indonesia?
Sebagai negara yang masuk dalam keanggotaan PBB,tentu saja Indonesia wajib melakukan peranan dalam MDG. Untuk mengetahui status pencapaian MDG Indonesia dan mempercepat pencapaian MDGs di Indonesia, Pemerintah dan UNDP bekerja sama membentuk Program TARGET MDGs. Hal ini dilakukan dengan melakukan penelitian, penguatan kapasitas melalui lokakarya dan formu, advokasi dan dukungan pada program dan strategi penanggulangan kemiskinan pemerintah.


Lalu,kaitannya dengan kita sebagai Mahasiswa Kedokteran APA??

Tentu saja sangat berkait,kawan!yang kita perlukan bukan hanya sekedar tau,tapi juga sadar dan care terhadap peran implementasi MDG di Indonesia,jangan lupa, peran mahasiswa juga CONTROLLER,PENGAWAL pemerintahan. Terkait dengan isu kesehatan,siapa lagi yang akan mengawal program pemerintah selain kita,MAHASISWA KEDOKTERAN??


*Masih penasaran dengan MDG?gimana pelaksanaannya di Indonesia?sadarkah kita kalau anggaran kesehatan di Indonesia ternyata sangaaaaatt sedikit dari yang seharusnya???bagaimana data dan fakta berbicara tentang fokus point MDG?


Oke,tunggu notes berikutnya..n.n

0 komentar:

Posting Komentar